Monday, December 17, 2007

go green!


yo! akhirnya ini tema jadi happening akhir2ini GO Green,mulai dari oprah, al gore ampe orang biasa juga ikutan mikir. emang kalo dipikir selama ini kita gak kebayang kalo cuma buang sampah sembarangan, ato pake kresek kalo blanja, ato make listrik spuas2nya itu juga berpengaruh ama penambahan emisi gas karbon. kalo mo diurut smua2 itu bikinnya pake energi dan energinya dari minyak bumi yang pada prosesnya mengahsilkan emisi gas karbon yang sekarang semakin banyak dan merusak. ok kalo mo saling menyalahkan akan gak ada akhirnya (yah amerika emang gila) jadi knapa gak mulai skr ikutan gerakan go green, setahap demi setahap pasti akan sedikit banyak ngebantu lah..

pertama-tama yg perlu dilakukan *ini menurut seorang shaumi yg greener wannabe:
- jangan pernah selama-lamanya buang sampah sumbarangan, mau dikit banyak pokoknya jangan, itulah sebabnya diciptakan kantong celana n tas untuk penampung sementara sampah kita.
- next usahakan kurangi penggunaan plastik, sterofoam, dkk. kalo blanja dikit gak usah pake plastik, kalo bisa dimakan ditempat n pk piring n glas kaca gak usah dbungkus. karna sampah dari plastik dkk g bisa ddegradasi ma tanah.
- next sadar lingkungan, jangan ikutan nambah polusi, kalo biasa bawa motor jangan upgrade ke mobil, dan begitu sebaliknya, kalo emang gak penting g usah pake kendaraan bermotor kalo kluar. (ini sulit emang)
- hemat energi, baik listrik, air,batere. kalo emang dah gak dipake dimatiin ajah, kalo mandi ato wudhu g usah boros air orang airnya jg udah tercemar jadi hematin ajah, batre kl bs bli yg rechargeable jd hemat uang n energi jg, kalo pake labkom jg yg hemat jgn dipuas2in ampe sharian ato gmn gt.pokoknya hemat.

nah itu sekelumit usaha yg mnurutku paling gampang dilakukan oleh seorang mahasiswa ato org biasa kyk kta, smoga smua bisa menjalankannya dengan ceria.

nah ini baru berita seru..kondom bekas yang diimpor n diekspos berulang-ulang ditipi menarik perhatian dan kontroversi.ada yang bilang musti direekspor, dihentikan, di ban, dilarang, endebre2. tapi kalo aku bialang ini sesuai sama falsafah reuse, recycle, n reduce, pertama reuse kondom bekas bisa dipake lagi jadi karet rambut, balon dll. yg kedua recycle kan pastinya tuh kondom bisa jadi karet mentah yg bisa dimanfaatin lagi buat barang laen yg berguna gt, dan yang trakhir reduce..yah mengurangi sampah pastinya.



tapi yg aku gak stuju adalah:
-pertama, kenapa musti impor? secara kita punya dollywood yang dinobatkan jadi lokalisasi terbesar seasia tenggara (yg dilegalkan mungkin, kan thailand mustina lebih heboh), ato mungkin disana pada gak make..wah lain crita kalo gt
- kedua, kenapa musti dipegang2 gitu c diberitanya, dan pake dizoom dan diulang-ulang dengan shot yg sama, ini yg bikin eneg, mual, pengen muntah, secara itu jelas2 sampah dengan protein tinggi jadi pastinya baunya naudzubillah. kalo emang mo ngeberitaiin dampak buruknya mbok ya lebih estetis *koyok tau berita estetis ae. ato emang niatnya bikin orang yg liat jadi jijik beneran dan langsung mengganti karet rambut warna-warni mreka jadi karet gelng bekas nasi bungkus yang gak beda joroknya, yahh itulah efek dahsyat dari pemberitaan..
dan pada akhirnya up to us to choose whether it's apropriate to reuse used condoms or not..just stay safe n go green!

1 comment:

TheGoeh said...

Let me answer..hee..
1. Ya..emang haruss impor, mungkin kualitsanya lebih bagus, lebih murah, dan mungkin lebih "rapi"..kan aneh juga klo orang dari perusahaan karet nyuruh pengepul/pemulung buat mungutin kondom yang berceceran..blum lagi di Indonesian masalah kejorokan kan masih cihuy, lagian lum tentu Dollywood bisa mensuply kebutuhan kondom bekas..Im not quite sure, most of them use condoms heee..

2. Selain menambah efek dramatis dan nunjukin klo itu beneran kondom bekas..juga buat ngecek sapa tau ada yg masih bagus gitu..kan lumayan..hee

Trus itu photo..kondom tah..?kok kayak jeruk bali yang dikupas..heee